PDAM Gelar Cross Country Susuri Jalur Pipa

PDAM Gelar Cross Country Susuri Jalur Pipa

Denya.co.id – HUT ke-39 PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor dan Hari Air Sedunia 2016 dimeriahkan dengan acara jalan sehat seluruh karyawannya.

Kegiatan yang berlangsung Sabtu (2/4) diikuti seluruh direksi, kepala bagian, kepala subbagian dan staf dengan menyusuri jalur pipa distribusi dari intake Ciherangpondok di Desa Ciherangpondok, Kabupaten Bogor, hingga Instalasi Pengolahan Air (IPA) Dekeng di Kelurahan Genteng, Kecamatan Bogor Selatan, sejauh enam kilometer.

Pejabat Sementara (Pjs) Direktur Utama PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor H Deni Surya Senjaya mengibarkan bendera start pada pukul 07:15 WIB. Seluruh peserta dengan tertib berjalan menyusuri jalan setapak di sisi aliran Sungai Cisadane, area persawahan, perbukitan, jalur rel kereta api Bogor-Sukabumi, pemukiman penduduk dan kompleks pemakaman Gunung Gadung.

“Di bawah jalur yang kita lalui ini terpasang pipa distribusi HDPE 600 mm dan 400 mm yang dipasang pada 1995. Kebetulan saya sebagai pimpro (pimpinan proyek)-nya waktu itu,” kata Deni.

Salah satu sasaran utama penyelenggaraan cross country ini adalah agar seluruh karyawan mengetahui jalur-jalur pipa distribusi utama yang fungsinya menyalurkan air bersih dari sumber ke instalasi.

“Saya berharap seluruh karyawan mengetahui kondisi di intake Ciherangpondok, terutama saat banjir. Jadi, mereka bisa membantu menyosialisasikannya ke pelanggan,” tambah mantan kepala Bagian Transmisi dan Distribusi PDAM Kota Bogor ini.

Sementara itu, Ketua Panitia HUT PDAM Kota Bogor Hendra Setiawan mengatakan, tujuan utama jalan sehat ini adalah untuk meningkatkan kebersamaan dan soliditas para karyawan.

“Ini juga jadi ajang rekreasi sehat untuk mengatasi kejenuhan akibat kesibukan di kantor,” kata kepala Badan Litbang PDAM Kota Bogor ini.

Satu yang patut diapresiasi dari kegiatan ini adalah semangat wawasan lingkungan yang diterapkan panitia dan peserta. Sepanjang perjalanan, peserta dilarang membuang sampah sembarangan karena akan mengurangi penilaian kelompok.

“Acara jalan sehat ini kami bagi dalam 15 kelompok, masing-masing terdiri dari 15-17 anggota. Setiap kelompok harus memenuhi berbagai kriteria yang kita tetapkan.

Salah satunya memungut sampah ke kantong plastik yang sudah kita siapkan. Kelompok mana yang timbangan kantong plastiknya lebih berat, dia yang jadi pemenangnya dan mendapat hadiah uang tunai,” paparnya.
Di IPA Dekeng, lanjut dia, para peserta dihibur dengan panggung hiburan. Panitia juga menyediakan puluhan doorprize menarik dengan hadiah utama berupa sepeda motor dan paket umrah.

Related Posts---