Warga Khawatir Alat Berat Rusak Pipa

Warga Khawatir Alat Berat Rusak Pipa

Denya.co.id – Warga Desa Sutera, Kecamatan Sukadana khawatir dengan pembangunan pelebaran jalan yang dilaksanakan Dinas Pekerjaan Umum Kayong Utara, khususnya di Bidang Bina Marga di Jalan Model.

Kekhawatiran warga ini disebabkan masuknya alat berat perata jalan aspal (Tandem Roller) sangat rawan merusak pipa yang ada di sepanjang jalan model tersebut.

Satu di antara warga yang khawatir dengan adanya pelebaran jalan tersebut ialah Frenky Gustami. Dirinya mengaku khawatir masuknya alat berat akan membuat pipa di bawah tanah tersebut pecah, sehingga air tidak dapat mengalir ke rumah-rumah warga lagi.

“Kami khawatir pembangunan jalan ini akan mengakibatkan pipa-pipa yang mengalirkan air ke rumah kami pecah. Soalnya, pipa yang dipasang itu tidak ditanam cukup dalam alias dangkal. Apalagi pipa yang digunakan berbahan PVC yang tidak cukup kuat untuk menahan beban yang berat,” ujar Frenky Gustami, Rabu (25/5/2016).

Menurutnya, getaran dan tekanan alat berat tersebut memiliki berat kurang lebih 4 ton akan sangat berpengaruh terhadap pipa air yang ada. Apalagi pipa yang dipasang kurang dari satu meter kedalamannya ini bisa mengakibatkan pipa pecah.

Sementara itu Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Kayong Utara, Jumiati menjelaskan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan Bidang Cipta Karya mengenai pembangunan jalan tersebut.

Menurutnya pelebaran jalan tersebut tidak akan mengganggu sambungan pipa yang ada di Jalan Model itu.

“Karena kan kita hanya menggali sekitar 1 meter kedalammnya. Kalau pun nantinya ada masalah bidang CK (Cipta Karya) yang turun. Mereka pun sudah mengetahui bahwa ada pembangunan (pelebaran jalan) itu,” jelas jumiati. (berita populer)

Related Posts---